Sabtu, 17 Desember 2016

Nice homework 9 : Bunda sebagai Agen Perubahan

*BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN*


Ini adalah NHW matrikulasi IIP batch 2 yang terakhirπŸ˜₯...namun perjuangan belum berakhir...

Walaupun sudah diinformasikan bahwa kelulusan matrikulasi ini adalah berdasarkan dari pengumpulan NHW disetiap minggunya ( 9 sesi ),namun saya merasa saya belum lulus untuk menjadi ibu profesional...nice homework akan selalu tetap ada mengiringi perjalan hidup saya dan harus saya kerjakan untuk mencapai ridhoNya..

insyaAllah saya selalu serius dan jujur dalam mengerjakan NHW2 yang diterima..

Kali ini saya agak terlambat mengerjakannya,bukan maksud hati mengulur2,namun butuh pemikiran jernih dan hati yang tenang 😁, qodarulloh pekan ini saya harus tinggal beberapa hari di RS, alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk merasakan nikmatnya proses operasi besar.(melawan rasa takut dalam diri untuk melakukan operasi)

Hari ini alhamdulillah saya sudah kembali ke rumah,dan dapat mengerjakan kewajiban2 yang blm terselesaikan..πŸ˜‰

Terkait dengan nice homework 9,menurut yang saya yakini saat ini,passion saya adalah mempelajari dan mempraktekkan ilmu parenting..pendidikan ibu dan anak.....karena hal itulah yang membuat saya berbinar2 dan senang menjalaninya saat ini.

Dalam NHW ini kami dituntun untuk melihat isu sosial dan belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat

Rumus yang akan kami gunakan adalah:

*PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE*

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Mulailah dari yg sederhana,  lihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.

Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.

Bagaimana caranya? Isilah bagan-bagan di bawah iniπŸ˜‰

terimakasih ibu Septi dan keluarga yang selalu sangat menginspirasi..terimakasih kepada tim fasil,ibu Ulfah,ibu Kiki,dan ibu Dzikra yang selalu membantu,menyemangati dan menginspirasi kami selama matrikulasi ini..

matrikulasi ini sungguh berkesan,sungguh memberikan banyak manfaat...πŸ’–πŸ’–

Tidak ada komentar:

Posting Komentar