Jumat, 18 November 2016

Nice Homework 5 : Desain Pembelajaran (Learning how to learn)

Kali ini kami ditugaskan untuk membuat desain pembelajaran...bahasa kerennya,membuat kurikulum yang "gue banget"
Desain pembelajaran menurut istilah dapat didefinisikan sebagai Proses untuk menentukan metode pembelajaran apa yang paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth).

Dalam revisi nhw 2,saya memasukkan ilmu2 yang akan saya pelajari dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam bidang yang saya inginkan dalam universitas kehidupan ini..what is that?? those are ilmu menjadi ibu profesional yg berakhlak baik plus ilmu agama.. Selain itu saya memasukkan pula disiplin waktu yang harus saya jalani.. Dalam nhw 4,saya memutuskan memulai KM 0 dibulan Desember.

this is my methode..atau kurikulum yang "gue banget"..


Saya membagi proses belajar saya menjadi 2 yaitu,belajar teori dan belajar mempraktekkannya..(teori dan praktek)

Dalam checklist yang sudah saya buat (sedang saya uji coba di bln november iniπŸ˜‰) ilmu yang saya pelajari terbagi 2..
1. ilmu agama dengan rentang waktu 3 jam perhari.

 πŸ‘‰teori(mempelajari alQuran,hadis,siroh nabi,bahasa arab)

detail pembelajaran :
1.Bersama anak mengikuti kelas mahir(menghapal hadis rosululloh).
sekilas tentang mahir...mahir adalah kelas online dimana targetnya adalah menghafal 50 hadis dlm setahun. Selain menghafal,kami pun menjadi tahu akan makna hadisnya. Kegiatan ini sudah berlangsung 2 pekan(alhamdulillah,kami sudah menghafal 2 hadis melalui mahir)
3.membaca siroh nabi bersama anak(minimal 1 hari 1 halaman)
4.tahsin dan tahfiz. Alhamdulillah mulai mengikuti kelas tahsin(metode Qiroati) dan tahfiz yang diadakan oleh kepala sekolahnya anak. Tempatnya masih 1 lingkungan komplek. Dan saya baru memulainya tgl 13 november lalu.
5. Bahasa Arab.Saya mengikuti kelas online yang diadakan yayasan BISA,insyaAllah akan mulai tgl 20,kelas ini akan berlangsung selama 8 pekan

   πŸ‘‰praktek(sholat wajib,sholat sunah rawatib,tahajud dan duha,mengaji)


2. ilmu umum (dlm KM 0 ini saya putuskan untuk memulainya dengan materi dan praktek 'Bunda Sayang') dengan rentang waktu 6 jam perhari
 
πŸ‘‰teori (membaca buku2 atau artikel yang berkaitan dengan materi "bunda sayang" atau parenting serta pendidikan ibu dan anak). dalam 1 bulan minimal membaca 1 buku terkait hal tsb. dan membaca artikel tdk dibatasi.

waktu yang terbaik bagi saya untuk mempelajari teori adalah dini hari,saya akan mempergunakan 2 jam diwaktu dini hari untuk belajar teori dan 4 jam untuk terjun lapangan melakukan prakteknya

   πŸ‘‰praktek (menerapkan hal yg telah dipelajari,misal bermain bersama untuk meningkatkan iQ,eQ,dan sQ nya,bermain untuk meningkatkan life skill nya,bermain untuk meningkatkan kemandiriannya,melakukan kegiatan montessori,dll)

untuk melihat perkembangan ilmu yang saya pelajari saya akan membuat checklist indikator dan catatan pribadi.

harapannya dengan adanya desain pembelajaran ini,kami menjadi pribadi yang lebih baik lagi baik dalam hablumminallah maupun hablumminannas..dan saya menjadi ibu yg profesionalπŸ˜‰(cita2)..aamiin..




terimakasih,
dafnikeanda
ibu pembelajar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar