Senin, 04 Desember 2017

Ketika Adik Tidak Mau Sikat Gigi

Ketika adik tak mau sikat gigi.

Sebelum beranjak tidur malam, kami dirumah memiliki ritual yang harus dijalani. Yaitu cuci tangan dan kaki, cuci muka, pipis dan sikat gigi.

Malam ini kakak sudah melakukan itu semua dan bersiap untuk "reading time".. Sedangkan adik masih bemain2 didalam kamar, dan tak mau melakukan ritual sebelum tidur.

Akhirnya..aq berdongeng πŸ˜ŠπŸ˜‰,dengan harapan si adik mau beranjak ke kamar Mandi untuk ritual 😁.

Tokoh yang bunda gunakan adalah kelinci dan kerbau. Dalam dongeng, aq menggambarkan kelinci mempunyai gigi yang kuat. Dia menyombongkan giginya yang kuat.. Namun, key kelinci tak mau sikat gigi.

Suatu hari, ada temannya sesama kelinci  mengajak key kelinci ke rumahnya. Ibu temannya baru saja membuat beraneka kue yang lezaat. Saat mereka mulai makan, key kelinci meringis kesakitan. Kemudian dia menangis keras sambil memegang pipinya. Teman key bingung, dan bertanya.."kenapa keeeeeyy"..key menjawab sambil menangis dan menahan rasa sakit, "gigiku sakiiit sekali, huhuhu..".

Lalu temannya memanggil ibunya, ibunya memeriksa apa yang terjadi. Ternyata ada lubang di gigi key, lalu ibu mengambil obat kumur. Berangsur angsur sakit gigi key mulai menghilang. Ibu temannya bilang "kamu harus rajin sikat gigi nak"..

Kemudian ibu temannya bercerita bahwa kemarin bou si kerbau giginya dicabut semua oleh dokter karena semua giginya rusak, hitam, berlubang dan membuat sakit sehingga bou tidak bisa tidur karena sakitnya. Bou kerbau jadi tdk mempunyai gigi..πŸ˜‚, dia seperti nenek2..

Kalo dalam lagu burung kakak tua saja,si gigi nenek tinggal 2, ini bou si kerbau tak ada gigi sama sekaliπŸ˜…..! Kerbau pun tak bisa makan yang emak2 lagi.. Tak bisa mengunyah, makanannya hanya bubur..

Aq pun memperagakan bentuk mulut yang tak mempunyai gigi, lalu bercerita dengan bentuk mulut seperti itu.. yang ternyata suara yang keluar otomatis seperti suara nenek2πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.. Dafina dan Kayla pun terkikik. Dan terus memintaku memperagakan hal itu sampai akhir ceritaπŸ˜…πŸ˜‚πŸ™ŠπŸ™ˆ. Mereka menyukai ekspresi tsb. Dan selalu terkikik dibuatnya.

Akhir cerita...akhirnya key si kelinci berjanji akan rajin sikat gigi...dia tak mau seperti bou sikerbau..

Alhamdulillah, adik Kayla akhirnya mau melakukan ritual sebelum tidur😘😘😍.. ah keeeeeyy..dirimu memang guru kecilku yang handal, selalu membuat bunda nya harus berpikir kreatif dan lebih bersabar lagi.. solehah ya nak...😘😘❤

Selesai ritual, saatnya reading time... Kakak dan Adik meminta bunda membacakan buku dengan mulut dan suara seperti nenek2 πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ˜….. ya Allah nak, tau ga ekspresi itu tuh membuat mulut pegalπŸ˜‚πŸ˜‚..

Akhirnya aq mengajarkan ekspresi dan mimik tsb kepada mereka. Hehehe...kakak yg lumayan bisa mengikuti.. bagaimana kak? Kataku..Cape ga mulutnya??? Hehe...dia bilang,iya ya bun...cape jugaaaa..πŸ˜‚πŸ˜‚.. Daaaannn..aq akhirnya terbebas dari membacakan buku dengan ekspresi tsb..πŸ˜‰πŸ˜✌



#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination
#Harike4
#Des04122017





Tidak ada komentar:

Posting Komentar