Kamis, 11 Januari 2018

Reviu Presentasi Tantangan Hari ke 4

Reviu Presentasi Tantangan Hari ke 4

Pada hari ke 4, presentasi dilakukan oleh kelompok 10, yaitu :
1. Yuni Astuti
2. Fari Yetmi
3. Ai Rosmalia
4. Siti Amaliyah
5. Stephanie

MEMBANGKITKAN FITRAH SEKSUALITAS

Landasan syar’i tentang fitrah seksualitas antara lain :

“ Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (Q.S. Ar-Rum-21).

Selain itu, Allah sebutkan dalam AlQur’an Surat Hujurat ayat 13 bahwa hanya ada dua jenis manusia yaitu laki-laki dan perempuan.  Tidak pernah disebutkan adanya manusia berjenisbanci (bencong).  Menuduh bahwa banci itu fitrah, berarti menuduh Allah berkhianat dalam penciptaan-Nya. Jadi tidak ada mansia berjenis Waria, kalau ada, maka itu penyimpangan dari fitrah.

Bagiamana kita mendidik anak laki-laki dan permpuan adalah berdasarkan AlQur’an, maka kita belajar dari keluarga yang ada dalam AlQur’an, salah satu jiwa laki-laki adalah Al Qowam (pemimpin). Sebagaimana disebutkan dalam Surat An Nisaa’ ayat 34: Bahwa kaum laki-laki itu adalah pemimpin (Al Qowam) bagi wanita.



Kelompok 10 pun membahas mengenai kasus-kasus penyimpangan yang terjadi sesuai jenjang usianya.

Kasus-kasus penyimpangan mendidik pada usia 0-7 tahun :
Mengutamakan pembelajaran akademik seperti calistung
Menggegas hafalan al Quran tanpa memandang cara dan kemampuan serta ketertarikan anak yang berbeda-beda.
Mengajarkan bahasa kedua sebelum bahasa ibu tuntas.
Berkata atau berwajah tidak ramah apalagi kasar.
Membanding-bandingkan anak
Menitipkan anak di bawah usia aqilbaligh, terutama di bawah usia 7 tahun pada orang lain atau lembaga atau boarding school.

Kasus-kasus penyimpangan mendidik pada usia 7-10 tahun :
Anak lelaki tidak didekatkan dengan ayah dan anak perempuan tidak didekatkan dengan ibu, sehingga fitrah gender anak tidak tumbuh sebagaimana mestinya.

Kasus-kasus penyimpangan mendidik pada usia 10-14 tahun :
Tidak mendekatkan anak perempuan ke ayahnya dan anak laki-laki ke ibunya sehingga anak tidak memperoleh idola lawan jenis pertema dari orang terdekatnya. Akibatnya, Anak lelaki yang tidak dekat dengan ibunya di tahap ini, tidak akan pernah memahami bagaimana memahami perasaan, fikiran dan pensikapan perempuan dan kelak juga istrinya. Anak perempuan yang tidak dekat ayahnya di tahap ini, kelak berpeluang besar menyerahkan tubuh dan kehormatannya pada lelaki yang dianggap dapat menggantikan sosok ayahnya yang hilang dimasa sebelumnya.

Referensi :
Buku Fitrah Based education. Harry Santosa.
http://www.lendyagasshi.com/2016/09/resume-rb-cikutra-pendidikan.html
https://majalahayah.com/pendidikan-seksualitas-dalam-islam-untuk-anak-laki-laki/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar