Jumat, 04 November 2016

Nice Homework 3 πŸ’žπŸ’žπŸ’ž Membangun Peradaban dari dalam Rumah

😊😊😊..subhanallah...luar biasa...Semakin seru,mantap dan luar biasa materi2 di matrikulasi IIP ini.. bersyukur alhamdulillah dapat tergabung didalamnya..Nice Homeworknya pun subhanallah luarr biasaa..hehe... I think NHW#3 spread love πŸ’žπŸ’žπŸ’ž..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†.. alhamdulillah..that is very NICE!

ok,lets start to the topic..NHW #3
NICE HOMEWORK #3

πŸ“šMEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH πŸ“š

disini terbagi dalam 3 kategori untuk yang belum menikah (pra nikah),sudah menikah (nikah) dan single parent. Nah,saya masuk dalam kategori "nikah"..

πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§πŸ‘§Nikah

Bagi anda yang sudah berkeluarga dan dikaruniai satu tim yang utuh sampai hari ini.

a. Jatuh cintalah kembali kepada suami anda, buatlah surat cinta yang menjadikan anda memiliki "alasan kuat" bahwa dia layak menjadi ayah bagi anak-anak anda.Berikan kepadanya dan lihatlah respon dari suami.
mengapa NHW kali ini saya bilang spread love πŸ’žπŸ’ž.. karna tugasnya membuat surat cinta untuk suami..ihiiiwww😍..tugas ini sempat menjadi trending topic..heheu(lebay.com)..membuat para wanita berbunga2 dan para pria kebingungan dan mungkin ikut berbunga2 juga..(mereeun😝).. menjadikan bapak2 ibu2 semakin dekat..alhamdulillah..

ini adalah surat cintaku untuk pak imamku tersayang..


naaah...respon pertama dari suami.. mesem2,kemudian berkata 'apa aaaan kali bunda ni..' sambil ketawa.. πŸ˜…πŸ˜… kuakui suamiku bukan tipe orang yang romantis.. tetapi,setelah aq minta responnya,kakanda langsung memeluk adinda..prikitieew😳😳😳.. dan langsung membalas isi suratnya dengan berkata2 (sambil berpelukan seperti teletubies...ehh!).. n then kami sharing pemikiran,kenapa begini kenapa begitu.. menjadi lebih terbuka dan jujur...alhamduuulillaaah...

itulah respon suamiku...terimakasih tim matrikulasi IIP terutama ibu septi.. saya semakin mengetahui alasan kuat bahwa dia layak menjadi ayah bagi anak2 kami dengan semua kelebihannya yang membuatku dan beberapa lainnya kagum serta kekurangannya yang menjadikan ladang pahala untukku..love u coz Allah dear ayah atang..


 b.Lihatlah anak-anak anda, tuliskan potensi kekuatan diri mereka masing-masing.
alhamdulillah kami telah dikaruniai dan diamanahkan 2 orang putri..keduanya masih balita..Dafina Fakhira Putri (4yo) dan Azzahra Kayla Athifa (2yo)..rasanya nano nano..mereka..dekat sering berantem,jauh saling kangen..heheheh

Dafina Fakhira Putri
Di umurnya yang baru beranjak 4 thn akhir september lalu,dia sudah mengeyam pendidikan di tk A..tentunya dengan pertimbangan terlebih dahulu..πŸ˜‰

Dafina ini intellectual curiositynya luar biasa, saat ini pertanyaannya semakin kritis dan berbobot sehingga membuat kami sempat kewalahan dan bingung untuk menjawabnya. Dia seperti radio yang tidak pernah mati(kecuali dia tidur atau sakit😒)..hehe..ada saja yang keluar dari mulutnya..kalau dalam perjalanan dan dia tidak tidur,kami tidak perlu menyalakan musik atau radio,karna dia akan bercerita,bernyanyi bahkan sampai bermonolog😁 oleh sebab itu banyak yg bilang dia cerewet😁✌..

Dia mudah sekali beradaptasi dan supel. dia tipe sanguins..Imajinasinya tinggi dan kemungkinan besar gemar membaca 😘. Daya ingatnya bagus sehingga dia cepat menghapal. Daya pikirnya juga bagus,skr sedang suka mengerjakan worksheet,rentang konsentrasinya melebihi umurnya,sampai sampai si ayah khawatir dan menyarankan berhenti sejenak belajarnya..tetapi ternyata setelah konsultasi dengan wali kelasnya,biarkan saja selama dia semangat dan atas keinginan sendiri untuk belajarnya.

Menurut saya,sejauh ini..kemampuan akademiknya bagus,kemampuan IQnya adalah baik diatas rata2,namun belum di iringi dengan kemampuan ESQnya..

Hal yang menjadi concern buat kami adalah pengendalian emosinya, ditambah akhir2 ini sikap ga mau denger/tidak menuruti perintah atau mendengarkan nasehatnya luar biasa menjengkelkanπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚, serta kesadaran untuk belajar mandiri (misal;merapikan mainan sendiri,mandi sendiri,makan sendiri,tidur sendiri dsb)

Azzahra Kayla Athifa


Kekey kami biasa memanggilnya..
Kalau belum kenal betul,pasti orang2 menganggap kekey ini pendiam..tidak seperti kakaknya yang cerewet😁...padahal kalo dirumah dan dengan orang yang sudah dia kenal baik...sama ajahh..hehe..dia pun banyak bicara dan rajin bertanya😁✌intellectual curiosity nya bagus..yah,tidak se'cerewet' kakaknya sih..

dia lebih aktif bergerak,suka jumpalitan..kemampuan motorik kasarnya lebih maju.. dan nampaknya dia juga suka permainan yang berhubungan dengan konsentrasi (seperti lego atau bermain kotakpas)..lebih berani dan suka tantangan..

sejak dini sudah terlihat yang menonjol dari dirinya adalah tipe melankoli dan koleris,suka kerapihan,keteraturan dan kebersihan.. sering mengingatkan kakaknya untuk menaruh barang sesuai tempatnya dan tidak jarang dia menjadi 'rem' untuk kakaknya pada saat jajan..hehehe

Daya ingatnya juga bagus..walaupun sambil jumpalitan ternyata dia mendengar apa yang kakaknya sedang hafalkan atau bicarakan..karna tiba2 dia melafalkan bahasa arab 1 s/d 6,ikutan bernyanyi dan mengaji atau berdoa..nampaknya dia tipe auditori dan kinestetik..rentang konsentrasinya alhamdulillah melebihi umurnya. Dan sepertinya kegemaran membaca mulai tumbuhπŸ˜‰.

Hal yang menjadi concern kami adalah menghadapi sikap kolerisnya..kesempurnaan yang dia inginkan,keinginan kuatnya akan sesuatu(agak keras), dan sikap galaknya melebihi si kakakπŸ˜‚..dia menginginkan apapun yang dipegang kakakπŸ˜‚πŸ˜‚.

c. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak dan suami, silakan baca kehendak Allah, mengapa anda dihadirkan di tengah-tengah keluarga seperti ini dengan bekal kekuatan potensi yg anda miliki.
menurut mereka... banyak yang bilang aq supel,murah senyum,baik hati,cerdas,tidak sombong,sering dijadikan tempat curhat,enak katanya kalo ngobrol sama aq..😳😳😳 dan rajin menabung....(eehh...hehehe)..dooh..jd 'ngalem ndewek'...

ok,tipe yang menonjol dariku adalah melankolis dan sanguins (menurut personality type)..yap,aq memang suka semuanya terorganisir,tersusun,teratur tapi kelemahannya adalah kurang konsisten dan agak malas untuk memulaiπŸ˜’πŸ˜…...dan sometimes suka ceplas ceplos..duhhh,ini dia yg bikin aq khawatir menyakiti orang lain..maaf yaa yang tersakiti olehku....

aq suka kalo terlibat dalam acara2,entah sebagai panitianya ataupun pesertanya..aq suka mempelajari hal2 baru,apalagi terkait parenting..aq lumayan suka baca dan ingin anak2ku sangat gemar membaca..komunikasiku bagus mungkin karna aq anaknya supel kemudian pernah menjadi cs juga selama 7 thn. Mungkin aq suka psikologi,mempelajari sifat2 manusia mengelompokkan menurut masing2 tipe personalitinya,tipe belajarnya,tipe golongan darahnya dan lain sebagainya. nampaknya aq salah jurusan euy dulu..(aq lulusan math ipb angkatan 41)

itu semua termasuk potensi bukan yaaa???

belajar membaca kehendak Allah..mengapa aq hadir ditengah2 keluargaku..mereka adalah ladang pahala untukku,mungkin aq hadir dengan misi membawa mereka bersamaku menuju jannahNya..jannah yang harganya sangat sangat mahaaaalll,mahal sekali😭😭... berjuang bersama didunia,bersama membangun akhlak dan perilaku yang baik,bersama belajar menjadi manusia yang bermanfaat,berjuang bersama untuk keberkahan akhirat...apakah ini terlalu muluk? yah,biarlah kalian bebas berpendapat..tapi itulah yang ada di dalam hatiku saat ini..sulit memang,sangaaat sulit,tapi...aq mau belajar..berdoa dan berusaha untuk meraih hal itu..semoga Allah meridhoi,semoga selalu ditunjukkan jalan yang lurus,semoga selalu dipertemukan dan didekatkan dengan orang2 yang soleh solehah yang akan mengingatkan dan menyelamatkan..aamiin..

nobody's perfect..including me...


d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?

lingkungan tempat kami tinggal adalah lingkungan para pensiunan,kebanyakan pensiunan KS..hehe..kami berjodoh dengan rumah yang ada dilingkungan ini..dekat dengan rumah orang tua juga..mungkin karena tinggal dilingkungan para pensiunan,saya jadi teringat akan kematian😭..yah walaupun kematian tidak terikat umur..

apa ya tantangannya??..hmm,tantangannya agak sulit mengutarakan pendapat mungkin ya..hehehe..karna merasa masih bau kencur..dan takut dianggap anak bawangπŸ˜…

belajar memahami maksud Allah..karna aq anak cewek satu2nya dari 3 bersaudara,kami berjodoh dengan rumah yg dekat dengan orang tua saya,agar kami dapat menemani di masa tua mereka..kami diberi kesempatan untuk lebih berbakti,lebih memperhatikan dan lebih menyayangi mereka..

sebetulnya,saya masih belum menemukan misi spesifik keluarga kami terhadap lingkungan dimana kami tinggal,kami berharap kami mengetahui dan dapat menjalankan misi spesifik keluarga dengan baik..aamiin..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar