Jumat, 11 November 2016

Nice Homework #4,Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Memasuki sesi ke 4 dalam MIP semakin menantang...saya akui,secara tidak sadar kelas matrikulasi IIP ini mengajarkan saya pribadi untuk konsisten,disiplin,dan lebih semangat belajar.. Tertantang untuk membaca maksud dari sang pencipta,menemukan misi spesifik sebagai ciptaanNya didunia dan mengingatkan bahwa kelak akhiratlah tujuannya...

Kalimat atau quote dalam buku bunda produktif diatas memicu saya untuk terus belajar mencari tau,menggali,dan mempelajari apa karya baik yang bisa saya saya berikan dan akan bermanfaat buat orang lain,khususnya keluarga saya. Ini tentang Misi spesifik kehidupan....
Sampai hari ini saya konsisten memilih jurusan ilmu untuk menjadi Ibu profesional yang berakhlak baik di Universitas Kehidupan ini..sesuai dengan apa yang saya utarakan dalam NHW #1 dan saya belajar lebih konsisten dan berusaha untuk disiplin mengisi cheklist harian yang saya buat sesuai NHW #2

Setelah membaca dan merenungkan kembali NHW #3, mulai terbayang kira-kira maksud Allah menciptakan saya di muka bumi ini untuk apa...

Untuk saat ini,hal yang membuat saya senang dan berbinar binar adalah ketika saya mempelajari tentang Parenting dan psikologi..ketika saya menerapkannya dalam keluarga kecil kami..dan saya senang sekali ketika berbagi dengan orang lain mengenai apa yang sudah saya pelajari dan terapkan di rumah kami..senang ketika mereka berhasil dan merasa senang dengan apa yang sudah kami lakukan atau bagikan kepadanya..sangat senang sekali jika bermanfaat untuk orang lain....walaupun apa saya lakukan adalah hal yang sangat kecil..

Maka dengan ini,saya tetapkan
Misi Hidup : memberikan manfaat untuk orang lain,terutama keluarga
Bidang : Parenting,Pendidikan Ibu dan Anak,dan  psikologi
Peran : Fasilitator dan educator

Untuk menunjang 3 hal tersebut,terlebih dahulu saya harus menerapkan adab mencari ilmu dan adab sebelum ilmu serta konsisten melakukan hal yang saya jabarkan dalam NHW #1. Saya harus terus membaca dan mempelajari AlQuran dan hadis sebagai pedoman dan petunjuk hidup...dan saya rasa,saya harus memiliki buku dan mempelajari tentang hal dibawah ini :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

Selain itu,saya harus mempelajari psikologi dan public speaking dalam rangka membuat diri lebih bermanfaat untuk orang lain selain keluarga..

my Milestone
Saya akan menetapkan KM 0 pada bulan Desember 2016,dimana saya rasa,itu adalah waktu yang tepat..waktu dimana saya reborn,memasuki umur kepala 3..memasuki kehidupan dan semangat baru.. bismillah...

setelahnya,saya akan mencontoh dan mengikuti apa yang ibu Septi lakukan,yaitu berkomitmen tinggi akan mencapai  10.000 (sepuluh ribu) jam terbang  di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Nah,saya akan mendedikasikan 6 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, dan menuliskannya.Sehingga saya harap dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun, sudah akan terlihat hasilnya. Saat saya berusia 35 tahun (usia pensiun dini dalam perusahaanπŸ˜‰)..

kenapa tidak mulai dari sekarang untuk KM 0????... saya pergunakan hari2 di bulan november ini untuk beradaptasi mempelajari waktu,geladi resik menuju my milestone..😁✌..saya harus mempersiapkan persenjataan untuk menjalankan misi saya tersebut..πŸ˜‰πŸ˜‰..seperti : buku2 acuan dan looking for and follow para ahli terkait dibidang yang saya pilih...

inilah rencana pembagian milestone saya :
KM 0 – KM 1 ( 2016 - 2018 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang berdasarkan bukunya, alQuran dan hadis
KM 1 – KM 2 ( 2018-2019 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 ( 2019-2020 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif (ilmu tentang psikologi dan public speaking)
KM 3 – KM 4 ( 2020-2021) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha (membuat hal yang berarti untuk bermanfaat bagi semua orang)

untuk menunjang milestone yang saya buat,saya akan tempa diri saya dengan membuat cheklist harian dimana seperti yang ibu Septi katakan "Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita." Do it,do it and do it !!!!!!! saya merevisi checklist yang saya buat,memasukan jadwal ilmu yang saya akan pelajari setiap harinya dan mencoba untuk lebih disiplin lagi memanage waktu..revisi NHW #2

InsyaAllah saya akan membuat sejarah saya sendiri..Semoga Allah menjaga hati saya,meluruskan niat saya dan semangat saya untuk belajar lebih baik lagi,semoga Allah selalu mendekatkan saya kepada orang2 sholeh yang dapat mengingatkan dan menyelamatkan..Semoga Allah meridhoi...

aamiin,aamiin,yaa robbal alamiin...






Salam dafnikeanda😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar