Minggu, 13 November 2016

Kurikulum Homeschooling (usia 2-6 tahun)

RENCANA PEMBELAJARAN
ANAK HOMESCHOOLING USIA 2-6 TAHUN.
TAHUN AJARAN 2016/2017
Keluarga Yesi Elsandra – Ardhian Agung Yulianto

VISI: BERSAMA SELURUH KELUARGA MENUJU JANNAH NYA

MISI :
1. Mendidik anggota keluarga memahami agama Islam dengan    benar dan komprehensif
  2. Mendidik anggota keluarga memiliki akhlak yang baik
  3. Mendidik anggota keluarga memiliki ibadah yang benar
  4. Mendidik anggota keluarga memiliki kemandirian financial
  5. Mendidik anggota keluarga mencintai ilmu dan gemar belajar

Deskripsi Keluarga yang menjadi impian:

Keluarga adalah sarana beribadah kepada Allah SWT, dimana orang tua diikat dengan tali  pernikahan yang sangat berat dan erat. Keluarga dibentuk untuk melahirkan generasi rabbani, generasi yang meninggikan kalimat Allah SWT, dimana seluruh anggota keluarga memiliki pemahaman keislaman yang benar dan komprehensif, memiliki akhlak yang baik, ibadah yang benar, kemandirian financial dan mencintai ilmu serta gemar belajar. Sehingga anak menjadi investasi bagi orang tua tidak saja di dunia, tetapi juga di akhirat. Istri menjadi penenang hati suami, dan suami melindungi dan menafkahi seluruh anggota keluarga dengan rezeki yang halal. Orang tua bisa dijadikan anak sebagai sahabat maupun guru. Serta anak bagi orang tua adalah qurataayun, penentram jiwa. Untuk itu harmonisasi dalam keluarga menjadi sebuah kemestian, dengan saling menjaga, menginggatkan, melindungi, menyayangi dan mencintai.

KURIKULUM

Kurikulum yang saya buat ini bukanlah kurikulum formal lakaynya kurikulum di sekolah formal. Karena pada dasarnya usia 2-7 tahun adalah dunia bermain bagi anak anak. Jadi kegiatan anak anak hanya bermain, tetapi bermainnya terarah dan memberi manfat. Bermainya dirancang mengintegrasiskan kognitif, afektif dan psikomotrik anak. Kurikulum ini dibuat juga ngak harus tercapai semua target. Tapi lebih kepada panduan kepada kita orang tua agar kita lebih terarah membimbing mereka dalam bermain.

Hal terpenting yang perlu kita perhatikan adalah tidak memaksakan kehendak dan keinginan kita kepada anak. Anak punya dunianya sendiri, dia berhal melakukan apa yang dia suka sepanajng tidak berbahaya untuk dirinya dan orang lain, tidaka melanggar aturan Allah dan tidak melanggar hukum. Tugas kita mengarahkan dan terus mennstimulasi bakat firah yang ada pada dirinya.

I. MENGENAL DIRI SENDIRI DAN KELUARGA
II. MENGENAL CIPTAAN ALLAH
III. ADAB
IV. MOTORIK KASAR
V. MOTORIK HALUS
VI. MINAT DAN BAKAT
VII. DOA DAN HAFALAN AYAT PENDEK

I. MENGENAL DIRI SENDIRI DAN KELUARGA
Tujuan Pembelajaraan:
Diharapkan materi mengenal diri sendiri dan keluarga ini. anak akan mengetahui namanya sendiri, nama ayah bunda dan nama abi, serta nama saudara yang lain. Diharaapkan anak juga mengetahui seluruh anggota tubuh dan fungsinya.

1. Dia mengenal dirinya sendiri dan namanya. Dia mengenal abi, bunda kakak dan adiknya. Termasuk menyebutkan namanya. Bisa buat kertas yang bertuliskan nama nama tersebut kemudia tebak tebakan. Cari nama abi, cari nama bunda dst….
2. Dia mengenal anggota tubuhnya, matanya mana, tangnaya mana, kakinya mana dst. Bisa buatkan nama dan gambar anggota tubuh disebuh kertas kemudian main tebak tebakan.
3. Menyanyi anggota tubuh. Orang tua bisa berimprovisasi sendiri membuat lagu yang lainnya.
4. Membaca buku dengan tema keluarga dan buku tema anggota tubuh. Point I ini akan berhubungan dengan point II yaitu MENGENAL CIPTAAN ALLAH  untuk materi manusia.
5. Mendongeng. Orang tua harus bisa berimprivisasi membuat dongeng sendiri yang tema ceritanya mengenai diri atau keluarga
6. Waktu pembelajaran sangat fleksibel, tergantung kelapangana waktu yang dimiliki orang tua.

II. MENGENAL CIPTAAN ALLAH
Tujuan Pembelajaraan:
Diharapkan materi ini anak akan mengenaal ciptaan Allah. Anak memahami segala yang ada di langit dan di bumi adalah ciptaan Allah. Hanya kepada pencipta kita meminta pertolongan dan perlindungan. Anak dapat menyebutkan berbagai ciptaan Allah seperti tumbuhan, binatang, bulan, matahari, bintang.

1. Kenalkan bahwa Allah Maha mencipta. Sering sering sebutkan bahwa apapun yang ada ciptaan Allah. Misal kita sedang di dapur memasak, kemudia kita bilang, sayur ini ciptaan Allah. Kemudia banyak banyak juga bertanya. Misalnya “Siapa ya sayang yang menciptakan sayur? Kelak anak akan menjawab “Allah”. Kemudian kita bilang, “Pintar” dst….
2. Kenalkan ciptaan Allah pertama sekali dirinya sendiri. “Siapa yang menciptakan dedek?, “siapa yang menciptakan tangan?” KJiak sering sering kita sampaikan, sehingga tertanam dalam pokiran bawaha sadar anak hingga dewasa bahwa apa yang ada di langit ini ciptaan Allah.
3. Sediakan gambar berbagai macam ciptaan Allah. Misalnya Pohon, Gunung dsb. Bisa juga sambil nonton youtube.
4. Mendongeng berkaitan dengana ciptaaan Allah. Misalnya, “Di hutan amazaon, hiduplah seekor singa.” Nanti kita Tanya, di hutan ada ciptaan Allah apa saja, siapa yang menciptakannya..
5. Termasuk mengenalkan buah dan sayur sebagai ciptaan Allah. Jelaskan juga buah dan sayur ini banyak manfaatnya dan sangat baik dikonsumsi. Diharapkan anak menjadi suka buah dan sayur. Cari gambar di internet berkaitan dengna kedua hal ini. Nanti main tebak gambar

III. ADAB
Tujuan Pembelajaraan :
Diharapkan anaak memiliki pengetahuan adab islami. Adab memasuki dan keluar rumah. Adab makan. Adab kepada orang tua, adab kepada teman, adab buang air kecil dan besar.

1. Adab adalah hal yang penting bagi kehidupan setiap manusia. Dari kecil kita ajarkan anak anak adab islami.
2. Misalnya, adab makan tidak boleh berdiri, membaca doa sebelum makan.
3. Adab mengucapkan salam sebelum masuk dan keluar rumah
4. Mengucapkan terimakasih jika sudah dibantu
5. Dan mengucapkan tolong jika ingin dibantu, serta menyebutkan identitasnya. Misalnya, “Abi tolong…(bukan teriak tolong, tolong. Tapi mau minta tolong sama siapa)
6. Adab kepada orang tua. Tidak boleh meninggikan suara kepada orang tua, apalagi memukulnya.
7. Tidak membuang sampah sembarangan
8. Dan masih banyak lagi adab yang perlu diketahui oleh anak termasuk kita sendiri.

IV. MOTORIK KASAR
Tujuan Pembelajaraan :
Diharapkan dengan melakukan kegiatan motorik kasar anak dapat menyeimbangkan tubuhnya, melenturkan otot ototnya, membuatnya sehat jasmani, menjaga koordinasi seluruh anggota tubuh.

1. Bermain sepeda
2. Bermain bola
3. Berlari
4. Senam
5. Main tak umpet dst

V. MOTORIK HALUS
Tujuan Pembelajaraan :
Diharapkan kegiatan motorik halus ini anak dapat mengerakkan kedua tangan, mengoordinasi kecepatan tangan dan mata, melatih ketelitian, melatih emosi dan kesabaran.

1. Meronce
2. Mengambar
3. Menulis
4. Kolase
5. Origami
6. Menempel
7. Mengunting
8. Mengenggam kerikil dan pasir (aajak ke pantai untuk bermain pasir)
9. Saat mengenalkan motorik halus ini, kita bisa mengenalkan angka dan huruf. Misalnya mengunting huruf dan angka.
10. Sediakan berbagai worksheet. (Insya Allah nanti saya bagikan berbagaia contoh worksheet yang dapat dikerjakan anak)
11. Bermain dough (Bisa buat sendiri dari tepung terigu, insya Allah ananti saya buatkan cara membuatnya)

VI. MINAT DAN BAKAT
Tujuan Pembelajaraan :
Diharapkan anak mengetahui minat dan bakatnya. Gali terus potensi unggul bakat anak anak kita dengana memfasilitasi mereka kea rah tersebut.

1. Ajak masak
2. Berkebun
3. Mengenalkan berbagai macam profesi
4. Berkunjung ke rumah teman dengna berbagai profesi
5. Cari gambar di internet atau nonto berbagai macam prrofesi. Perhatikana baik baiak, anak kita interestnya pada profesi yang mana.
6. bagi yang tinggala di jakarta, bissa ajak anak ke kidzzania.

VII. DOA DAN HAFALAN SURAT PENDEK
Tujuan Pembelajaraan :
Diharapkan anak anak kita dapat melafaskan doa doa pendek. Misalnya doa mau tidur, mau makan dsb. Begitu juga dengan hafalan surat pendek. Seperti surat An nas dsb….

1. Banyak buku tentang doa doa pendekyang bisa dipelajari
2. Beli kaset or cd. Anak anak biasnaya lebih suka visual dan audioa
3. Nonton youtube
4. dsb

Demikian kurikulum sederhana yang dapat kita jadikan panduan. Sekali lagi kurikulum ini sangat fleksibel, dan gunakan kurikulum ini mengacu pada kesiapan psikologi anaka untuk bermain dan belajar. Semoga bermanfaat. Kurikulum ini masih jauh dari sempurna. Silahkan tinggaalkan pesan jika ada kritik dan saran yang ingin disampiakan.

Salam hangat
Dr. Yesi Elsandra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar