Jumat, 24 Februari 2017

Melatih Kemandirian Anak -- Hari ke 1 (Game level 2)

Game level #2 Bunda Sayang

πŸ€Tantangan 10 hari Apresiasi KemandirianπŸ€
(Periode 23 Februari - 12 Maret 2017)

Kemandirian dalam hidup itu penting sekali karena kita tidak akan selamanya tergantung kepada orang lain dan kemandirian itu diperlukan untuk keberlangsungan hidup. Bagaimana pentingnya mendidik anak supaya mandiri ada dalam materi Melatih kemandirian anak di kelas Bunda Sayang

Dalam tantangan kali ini,apresiasi kemandirian dibagi dalam 3 kategori :
πŸ€ Bagi yang sudah mempunyai putra/putri (melatih kemandirian putra/putrinya)
πŸ€ Bagi yang sudah menikah namun belum dikaruniai putra/ putri (melatih kemandirian diri sendiri / pasangan)
πŸ€ Bagi yang masih single (melatih kemandirian sendiri dlm rangka mempersiapkan diri menjadi istri dan ibu)

Saya masuk dalam kategori yang pertama,yaitu fokus dalam melatih kemandirian anak anak dalam tantangan 10 hari kedepan. Bismillah...✊✊πŸ’ͺπŸ’ͺ

Langkah2 yang harus kami lakukan adalah sebagai berikut

1⃣ Buatlah list kemampuan kemandirian apa saja yang ingin anda latihkan baik kepada putra/putri anda

Banyak sekali kemampuan kemandirian yang ingin saya latih untuk kedua putri tercinta. Seperti yang tertera pada Cemilan pertama dalam materi kemandirian ini

πŸ₯ Kemandirian dalam keterampilan hidup (makan sendiri,mandi sendiri,pakai baju sendiri,dll)
πŸ₯ Kemandirian Psikososial (menyelesaikan konflik,toilet trainee,adab bertamu,adab berbicara,dll)
πŸ₯ Kemandirian Belajar (sikap positif,kemauan yang kuat,kesadaran sendiri untuk belajar)
πŸ₯ Kemandirian emosional (belajar untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan)

2⃣Buatlah program *One Week One Skill* Dalam satu bulan ini min. melatih 1 kemandirian dan max. 4 kemandirian.

Dalam 10 hari kedepan saya akan memilih 2 kemandirian untuk anak anak

Toilet trainee dan merapihkan mainan sendiri

3⃣Abadikan portofolio kemandirian anak ➡πŸ‘ͺ

🚽 Toilet Trainee

Hari ini saya bersyukur sekali..Alhamdulillah Dafina sudah mau lepas dot dan tidur malam tidak menggunakan diaper..

Saya sempat merasa sedih,iri dengan yg lainnya dan kepikiran sampai menyalahkan diri sendiri tentang hal ini (lepas dot). Saya pun curhat dan mengutarakan keinginan kepada suami, menargetkan tahun 2017 ini mereka harus lepas dotπŸ˜‚πŸ˜‚,terutama si kakak!

Sebelumnya saya sudah melatihnya lepas dot,namun tidak tega euy..melatih lepas diaper dimalam hari pun sudah pernah saya lakukan,tp blm konsisten dengan alasan dia masih ngedot dan berpikiran pasti pipisnya banyak dan ga cukup sekali di malam hari πŸ˜‚πŸ˜✌.

Dafni yang sudah berumur 4 tahun baru betul2 lepas dot dan diaper..πŸ˜…πŸ˜… telat banget yaaa buibu...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚,tapi saya bahagia sekaliii..sangat bersyukur..Alhamdulillah..😘😍

Saya berharap,dengan lepas dot,dia pun bisa lepas dari diaper di malam hari..πŸ˜‰..

Yap,dafni masih dalam tahap toilet trainee 😁.. kalo malam mau pipis,dia belum terbangun.. maka,tengah malam saya gotong dia ke kamar mandi..😁,saya suruh pipis,dan akhirnya dia pipis..

Untuk si Kekey (2y10m).. kekey masih dalam tahap lepas diaper disiang hari,saat tidak tidur siang.. Dia pun masih saya latih untuk mengutarakan keinginan untuk pipis dan melakukannya di kamar mandi.. Saya bawa kekamar mandi walaupun dia tidak mengutarakan keinginannnya untuk pipis,tp di kamar mandi akhirnya pipis juga😁..Hari ini dia ngompol 1x,bilang pipis setelah pipis..πŸ˜‚πŸ˜‚..

Kekey belum lepas dotπŸ˜‚,semoga tahun ini bisa lepas dari dot sehingga tidak beser..heheheee..

🌿Merapihkan Mainan Sendiri

Ini yang menurutku agak2 gimanaa gitu..hehehe..

mereka terkadang tidak mau merapihkan mainannya sendiri πŸ˜’πŸ˜‚.. Tapi kali ini saya harus tegas✌..

Menggunakan jurus yang sudah diajarkan..Kalau mau pindah ke permainan berikutnya,makan mainan sebelumnya yang tidak dimainkan,harus dirapihkan terlebih dahulu..kalau tidak dilakukan,maka tidak boleh memainkan yang lainnya..

Alhamdulillah hari pertama berhasil,mereka bekerja sama,yah walaupun belum 100% bersih..karena yang mereka mainkan adalah pasirπŸ˜‚..Tp bunda menghargai usaha kalian kok nak..πŸ‘πŸ‘πŸ˜˜πŸ˜..

ini dokumentasinya


#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

#ODOPfor99days

7 komentar:

  1. Ah lucunya ponakan-ponakanku..����

    BalasHapus
  2. makasii ummi rizka..😘😘😘

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. hehe..aq br cek cek blogku lagi ni teh muth...makasi yaa😘

      Hapus
  4. Ups saya baru ngeh detail tugas nya.. Keburu keder dapet tugas melatih kemandirian berhubung saya nya yg belum mandiri. Hatur nuhun teh desiana udah mengingatkan tugas indah ini. Seruu yaa main pasirnya ,

    BalasHapus
  5. Ups saya baru ngeh detail tugas nya.. Keburu keder dapet tugas melatih kemandirian berhubung saya nya yg belum mandiri. Hatur nuhun teh desiana udah mengingatkan tugas indah ini. Seruu yaa main pasirnya ,

    BalasHapus