Sabtu, 15 April 2017

Game yang Luar Biasa

Game level 3 kelas Bunsay adalah Family Project. Family Project ternyata menyenangkan dan membuat ketagihan..

Awalnya ketika akan memulai, saya mengalami kebingungan..Family project apa yang akan kami lakukan? Anak2 masih balita. Bagaimana diajak untuk berdiskusi dan melakukan proyek?? Oh,ternyata...Setelah melakukan diskusi dalam kelas dan dipandu oleh tim fasilitator, family project tidak harus 'wah' dan 'keren'. Proyek yang dilakukan bisa dimulai dari hal2 yang sederhana namun tetap SMART. Anak2 balita pun bisa diikutsertakan. Alhamdulillah..

Dalam family project ada bagian untuk family forum dimana family forum atau forum keluarga ini adalah kegiatan untuk berdiskusi tentang proyek yang dilakukan dan kemudian melakukan mastermind.

Jujur saja,saya baru melakukan forum keluarga saat menjalankan game level 3 (family project) ini. Padahal family forum ini sudah dibahas pada materi pertama yaitu komunikasi produktif. Hal tersebut terjadi karena saat itu bingung, bagaimana melakukan forum keluarga dengan para balita. Dan kami beranggapan forum keluarga itu dilakukan dengan serius, duduk melingkar dan saling bertatap mukaπŸ˜…. Ternyata forum keluarga bisa dilakukan secara santai..sersan...serius tapi santai..dengan menanyakan gagasan,perasaan,tanggapan, dan memberikan apresiasi. Aah...senangnya..

Dalam prakteknya, tidak semua family project ini berjalan baik,lancar dan mulus. Ada saja tantangan2nya. Apalagi anak2 masih balita yang notabene konsentrasi mereka masih terbatas dan mereka adalah homo ludens,senang bermain..apapun bisa jadi alat untuk bermain. Namun,karena family project ini harus dibuat se'menyenangkan' mungkin, jadi tidak jarang kami mengikuti alur mereka..😁😁.. sambil menyelam minum airrr.. sambil mengerjakan proyek,sambil bermainπŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜Š.. Tidak jarang juga bunda atau ayah yang menyelesaikan proyeknya.. Melihat mereka semua mau dan ikut terlibat saja sudah senang dan bersyukur... Saya menghargai kerja keras mereka.

Selain menyenangkan, family project pun ternyata banyak sekali manfaatnya..manfaat yang bisa dirasakan dalam family project di antaranya :
🌠 Mendekatkan hubungan antar anggota keluarga
🌠 Melatih komunikasi produktif,kemandirian dan kecerdasan. Tidak hanya kecerdasan anak2 saja,kecerdasan kami orangtuanya pun diuji dalam setiap family project yang dilakukan.
🌠 Melatih kesabaran dan kreativitas sayaπŸ˜„
🌠 Betul saja bahwa family project ini bisa mengamati temperatur keluarga..hehe..
🌠 Membantu saya mengamati anak2 dan membuat portofolio mereka
🌠 Mengamati minat dan bakat anak2
daan..masih banyak lagi.

Dalam forum keluarga ada beberapa proyek menjelang ramadhan yang akan kami lakukan, semoga kami konsisten untuk melakukannya..Aamiin...

Terimakasih tim Bunda Sayang yang sudah merancang game2 sedemikian rupa sehingga kami tidak hanya belajar teori saja,namun dituntut untuk mempraktekkannya dan belajar disiplin serta konsisten..Game nya LUAR BIASA πŸ‘πŸ‘..Untuk meraih sesuatu yang diinginkan, caranya tidaklah mudah. Berakit rakit ke hulu berenang renang ketepian,bersakit sakit dahulu,lalu bersenang senang kemudian..

Karena surga itu sangat mahal..dan jalan menuju surgaNya amatlah berliku.

Semoga semangat ini terus terjaga hingga menjadi Ibu dan Istri yang layak untuk keluarga.Aamiin..

tetap semangat bundas cansol..πŸ’ͺπŸ’ͺ

salam,
dafnikeanda
ibu pembelajar😘


#AliranRasa
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar