Kamis, 27 April 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak Hari ke 8

Bermain Puzzle 3D

Malam ini kami bermain puzzle 3 D. Aq memberikan puzzle 3D kepada mereka. Mereka senang sekali..

Bermain puzzle 3D ini adalah permainan kali kedua yang kami lakukan. Saat bermain puzzle 3D yang pertama kali, pengerjaan 100% dilakukan olehku😁.  Saat ini, aq ingin melihat bagaimana reaksi mereka, apa yang akan mereka lakukan, dan apakah mereka dapat menyelesaikannya?😁😁

Pertama, tanpa diberi instruksi..Mereka langsung melepaskan dan membongkar masing2 kerangka puzzle. Melakukannya dengan serius dan terlihat asyik mengerjakannya.

Kemudian,tibalah saatnya memasang rangkaian puzzle tersebut. Kakak masih mandiri dalam melubangi dasar puzzle. Adik mulai mengeluh tidak bisa dan minta bantuanπŸ˜‚. Aq berikan alat bantuan, yaitu pensil untuk melubangi, dan aq berikan cara melubanginya. Adik pun tidak mengeluh lagi dan kembali mengerjakannya sendiri.

Saat memasang,lebih seru lagi. Memasang puzzle 3D ini lumayan menjadi tantangan bagi mereka. Mereka harus menemukan lubang yang pas. Memasukkan puzzle ke lubangnya,menyatukan kepingan2 puzzle tersebut dan membentuknya seperti contoh dalam gambar. Sesekali melihat contoh dan mendengarkan instruksi dariku bagaimana caranya supaya puzzle kuat berdiri pada alasnya.

Dalam bermain merangkai puzzle 3D ini. Dafina sudah mandiri dalam melakukannya, mungkin sekitar 80% dia menyelesaikannya sendiri. Saat pengerjaan sempat mengeluh tidak bisa. Namun aq meyakinkannya bahwa kakak bisa.."Yes I can" kataku..dan dia bilang "artinya aku bisa kan ya bun", aq pun tersenyum mendengarnya..

Adik masih belum bisa mengerjakannya sendiri,mungkin sekitar 30% dia mengerjakannya sendiri, sisanya aq bantu, namun aq tetap memintanya untuk memberiku arahan dan instruksi harus ditempatkan dimana kepingan puzzle yang akan aq pasang. Aq membiarkannya melihat contoh gambar dan memberiku instruksi.

Akhirnya selesai juga..Setelah puzzle selesai disusun atau dirangkai, lalu mereka bermain peran dengan puzzle tersebut. Kebetulan ada tokoh hewan di puzzlenya.😁😁

Mereka berdua malam ini menggunakan penglihatan dan pendengaran mereka dengan baik. Kemudian langsung mempraktekannya (membongkar puzzle) tanpa instruksi. Dalam pengamatanku mereka berdua menggunakan gaya belajar visual,auditory dan kinestetic...

#Tantangan10Hari
#Harike8
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar