Sabtu, 25 Maret 2017

Family Project : Bebenah Sepatu dan Sandal

Our Family Project

Nama Project : Bebenah Sepatu..(Merapihkan dan  mengumpulkan sepatu atau sandal yang sudah tidak terpakai)

Gagasan : Gagasan ini terinspirasi dari film kartun Cloud Bread. Saat kami bersama2 menonton film Cloud Bread tersebut,Hongbi (salah satu tokoh kartun dalam film) mendapatkan tugas sekolah untuk menjual barang bekas dalam rangka menambah biaya untuk membeli alarm sekolah. Bunda punya ide untuk merapihkan rak sepatu dan mengumpulkan sepatu yang sudah tidak terpakai untuk kemudian diberikan/ disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Pelaksanaan : Diperkirakan akan membutuhkan waktu 3 sd 4 hari.Karena sepatu2 tersebut harus dicuci terlebih dahulu. Sedangkan Kami saat weekday baru bisa melaksanakan proyek di malam hari. Yang menjadi PIC adalah Bunda. Anggota pelaksana adalah Dafina, Ayah, dan Kayla

Kegiatan :
Hari pertama.. Malam ini kami merapihkan rak sepatu dan memilih serta mengumpulkan sepatu2 yang sudah tidak terpakai. Kali ini,yang dikumpulkan adalah sepatu atau sandal punya kakak dan adik. Ayah izin dan minta maaf tidak ikut serta,karena perutnya sakit dan ingin istirahat untuk persiapan shift malam. Jadi kami hanya bertiga melakukam proyek malam ini.

Saat kegiatan,dafina bertanya :
πŸ‘§ : bun,ini nanti mau dijual lagi seperti Hongbi jual barang bekasnya?
πŸ‘© : oh,nggak nak..seperti yang sudah bunda bilang,bunda ga tega untuk jual lagi,ini akan disumbangin ke temen2 kakak dan ade yang ga mampu..
πŸ‘§ : oooh,iya bun ga dijual lagi
πŸ‘© : iya sayang..malam ini kita pilih dan kumpulin sepatunya,besok baru kita cuci..
πŸ‘§ : kenapa dicuci?
πŸ‘© : Ada beberapa yang kotor kena debu karena sudah lama ga dipakai. Kan mau dikasi ke orang lain,jadi...supaya bagus dan cantik lagi sepatunya,nanti orang lainnya seneng deh...kakak insyaAllah dapet pahala..
(Dafina senyum ngangguk2 dan matanya berbinar)

Proses pemilihan dan pengumpulan sepatunya seru sekali. Dafina dan Kayla sambil mengumpulkan,sambil mencoba sepatu atau sandalnya. Bertanya dan memilih sepatu mana yang akan disumbangkan.Ketika menemukan yang lucu,ada pergolakan batin pada mereka.Hehehe..

Setelah selesai memilih dan mengumpulkan sepatu,Dafina mengingat acara market day besok disekolahnya.Siang tadi aq pun sempat mengutarakan padanya ingin mengenalkannya pada pecahan uang malam ini,kebetulan kami punya uang mainan yang bentuknya percis dengan uang asli.

Jadilah selesai mengumpulkan sepatu,dia meminta kami untuk bermain peran jual2an..hehe..jual beli maksudnya.Kakak adik ini senang sekali bermain peran.

Dia langsung bertindak sebagai sutradara,membagi tugas dan menentukan barang yg dijual. Bunda kebagian tugas sebagai penjual. Dafina dan Kayla sebagai pembeli. Barang yang dijual adalah sepatu. Setting tempat,seperti yang dia ingat di film kartun Cloud bread..Alas menggunakan karpet yoga Bunda πŸ˜‚πŸ˜‚,dengan alasan,karpetnya kecil tp panjang katanya. Mereka yang menyetting tempatnya. Kayla bilang,"kita kerja sama kak"..mendengar ini,aq tersenyum haru..mereka merapihkan mainan yang sebelumnya berserakan,meletakkan sepatu2 dengan rapih,mengambil kantong2 plastik dari tempatnya,alasannya untuk bungkus belanjaannya katanya. Tak lupa menyiapkan troli.

Jadi,malam ini ada 2 kegiatan,mengumpulkan sepatu dan bermain peran market day dalam rangka mengenalkan pecahan mata uang.

Banyak sekali hal2 yang aq amati,kegiatan2 tersebut melatih kecerdasan intelektual,emosi,sosial dan menghadapi tantangan. Ada unsur komunikasi dan kemandirian yang menyertai kegiatan tersebut.

Akhirnya kegiatan pun selesai,Dafina mulai mengenal dan hafal pecahan uang 5000,2000 dan 1000.

Kegiatan malam ini ditutup dengan ritual menjelang tidur malam yaitu,bersih2 tubuh,baca buku,dan murojah..Sampai aq pun seperti biasa...ikut tertidur..✌πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚


#Tantanganhari2
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

#ODOPfor99days

Tidak ada komentar:

Posting Komentar