Jumat, 31 Maret 2017

Family Project : Menata Isi Rumah

Our Family Project

Nama Project : Menata isi rumah

Gagasan : Bunda merasa lemari pakaian sudah semakin penuh. Bagaimana kalau kita menata,dan menyortir pakaian tersebut? Seperti halnya proyek bebenah sepatu. Bagaimana kalau tidak hanya pakaian,namun menata semua isi rumah?

Pelaksanaan : Untuk menata isi rumah,pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Target pelaksanaannya adalah 7 hari,dimulai tanggal 30 maret 2017.PIC dalam proyek ini adalah Bunda. Ayah,Dafina dan Kayla adalah anggota pelaksana.

Kegiatan :
Sebelum membicarakan proyek ini,kami membahas tentang proyek hari sebelumnya,yaitu bercocok tanam. Forum keluarga ini dilakukan sambil makan siang.

Pembicaraan dimulai dengan menanyakan kepada duo solehah mengenai kegiatan apa yang dilakukan kemarin bersama Bunda?(karena ayah kerja seharian,dari pagi pulang menjelang anak tidur).Bagaimana perasaannya?

Dafina yang pada dasarnya suka bercerita,langsung melaporkan kegiatan yang dilakukannya kemarin. Adik pun sudah mulai bisa ikutan bercerita. Mereka meminta ayah untuk melihat tanaman yang mereka tanam. Ayah bilang,ayah sudah melihatnya tadi pagi ketika kakak sekolah. Dan ayahpun memberikan apresiasi kepada mereka.

Mereka menyukai kegiatan menanam kemarin. Kami pun memberi apresiasi atas apa yang mereka lakukan. Kami menghargai kerja keras mereka dan mengingatkan untuk memperhatikan apa yang sudah ditanam. Dari proses menanam ini kami mengajarkan untuk menyayangi tanaman dan tumbuhan.

Banyak sekali hal yang dapat saya amati dalam melakukan proyek tsb. Kecerdasan yang terbangun dalam melakukan proyeknya dll. Hal ini akan saya catat tersendiri dalam portfolio mereka.

Hal yang dibicarakan selanjutnya adalah  proyek yang akan kami lakukan. Saat kami berkumpul,proyek selanjutnya belum kami putuskan. Ide belum muncul pada saat itu..πŸ˜‚. Oiya,ayah sedang puasa,jd dia mulai mengantuk pada jam2 tersebut😁. Ayah pun meminta ijin untuk tidur dulu karena sudah mengantuk dan beberapa jam lagi akan shift siang. Anak2 pun setelah selesai makan siang,bermain sebentar kemudian melakukan ritual menjelang tidur,yaitu cuci kaki tangan dan sikat gigi..kemudian dibacakan buku,lalu tertidur.

Sore hari saat mengantarkan kakak mengaji, bunda daoat ide dan menyampaikan ide tersebut ke kakak.
πŸ‘© : Bagaimana kalau kita menata isi rumah,semuanyaa..baju2,mainan,buku dan lain lain..
πŸ‘§ : Seperti sepatu kemarin bun? (maksudnya proyek bebenah sepatu kemarin)..
πŸ‘© : Iya..nanti kita bekerjasama lagi ya..kakak dan adik bantu bunda..oke?!
πŸ‘§ : oke bun...

Menata isi rumah membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Maka Bunda akan membaginya kedalam 4 kategori seperti dibawah ini :

1. Pakaian Dafina dan Kayla
2. Pakaian Ayah dan Bunda
3. Buku dan Mainan
4. Dapur
5. Lain lain

Kegiatan malam ini adalah menata isi lemari kakak dan adik. Awalnya mereka ikut serta, mulai menyortir dan memilih kategori baju dan mengelompokkannya,kakak ikut melipat ala konmari,adik pun ikut memberikan pakaian yang akan dilipat kepada kami.

Kemudian tampaknya mereka bosan...πŸ˜‚πŸ˜‚..Kayla mulai uring2an,minta susu.Kakak pun meminta kegiatan lain dan menanyakan perihal kegiatan yang bisa diikuti dari buku rumah main. Bunda mencoba mengingatkan bahwa kegiatan kita belum selesai,kakak bilang,"bunda aja deh yang menyelesaikan" πŸ˜‚..Oh,yasudah..mungkin Kayla sudah mulai mengantuk dan kakak pun mulai bosan. Aq tidak akan memaksa..Aq buatkan susu untuk adik dan aq ijinkan kakak melakukan kegiatan yang dia inginkan. Kakak mengambil buku rumah bermain,dan mulai memilih akan membuat apa. Akhirnya kakak memutuskan ingin meronce. "Oke..boleh.." ucapku..Setelah minum susu adik seger lagi..Kakak dan adik pun meronce bersama. Sedangkan aq,aq menyelesaikan pekerjaan menata isi lemari kakak dan adik..😁.

Kegiatan menata isi lemari ini belum selesai,namun waktu sudah menunjukkan puku 21:30 malam..Sudah lewat waktu tidur😱. Akhirnya aq memutuskan mengakhiri kegiatan hari ini. Dan menggiring mereka untuk melakukan ritual sebelum tidur..


#Tantanganhari8
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar