Jumat, 24 Maret 2017

Family Project Membuat Mainan D.I.Y

Game Level 3 "Proyek Keluarga"

Wow..tantangan pada materi ketiga ini melibatkan semua anggota keluarga!

Sebetulnya 2 tantangan terdahulu juga melibatkan semua anggota keluarga sih..namun pengerjaan tantangannya didominasi olehku.😁

Nah,tantangan kali ini membutuhkan forum keluarga untuk membuat proyek keluarga,dimana hal tersebut didiskusikan dan dilakukan secara bersama sama. Syarat dan ketentuan Gamenya bisa dilihat disini.

Our Family Project

Nama Project : Membuat Mainan D.I.Y

Gagasan : Bunda sering membuat media belajar untuk Kayla. Dafina ingin dibuatkan media belajar juga seperti dahulu. Ingin kegiatan menempel dan menarik garis juga seperti Kekey. Bagaimana kalau kita membuat media belajar bersama sama? Membuat media d.i.y secara bersama sama..

Pelaksanaan : Hari Kamis malam tanggal 23 Maret 2017. Dipilih malam hari karena pagi Dafina sekolah,pulang sekolah makan siang lalu tidur siang. Sore hari kegiatan mengaji sampai menjelang maghrib. Yang menjadi PIC adalah Dafina. Anggota pelaksana adalah Bunda, Ayah, dan Kayla

Kegiatan :
Kegiatan pertama yang dipilih oleh Dafina adalah membuat puzzle d.i.y dari kardus karton bekas susu formula. Kegiatan dilakukan saat maghrib,kebetulan Bunda sedang tidak sholat. Peserta pada saat itu hanya bertiga karena Ayah sholat dan yasinan di masjid. Bunda bertugas menggambar, Dafina dan Kayla mewarnai,dan menggunting.

Kegiatan kedua yang dicetuskan dan dipilih Dafina adalah membuat aquarium. Ide nya diadopsi dari buku Rumah bermain Julia Sarah Rangkuti. Saat itu ayah sudah pulang dari masjid dan ikut serta dalam proyek. Bunda dan Kayla menggunting dan mengecat kardus. Ayah dan Dafina menggambar dan mewarnai.


Alhamdulillah proyek selesai malam itu juga.

Mastermind dilakukan sebelum tidur malam. Kami (aq dan suami) mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh mereka berdua(anak-anak),bagaimana cara mereka bekerjasama membuat puzzle dan aquarium d.i.y..

Yang diamati:
Alhamdulillah,komunikasi berjalan baik walaupun Kekey sempat merasa bosan dengan kegiatan pembuatan puzzle,namun kembali bersemangat ketika mengecat kardus untuk membuat aquarium.

Untuk hal kemandirian, mereka belum sepenuhnya mandiri melakukan tugasnya masing2,masih dipandu dan diingatkan untuk langkah2 yang harus dilakukan. Namun,dalam pengerjaannya,Dafina melakukannya sendiri seperti pemilihan warna,mewarnai,menempel,dan menggunting. Kayla masih dibantu untuk pengecatan kardusnya.

Menurut kami,kegiatan ini melatih motorik halus anak2 (mewarnai,mengecat,menggunting,dan menempel),melatih kecerdasan intelektual,meningkatkan rasa ingin tau,melatih kecerdasan emosional saat Kayla mengalami kebosananπŸ˜‚..

#Tantanganhari1
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar