Rabu, 29 Maret 2017

Family Project : Bercocok Tanam

Our Family Project

Nama Project : Bercocok tanam

Gagasan : Dirumah minim tanaman dalam pot2an,yang ada hanya tanaman disamping rumah yang tumbuh di area yang kecil. Tanaman sudah mulai tak berbentuk dan rumput sudah mulai tumbuh tinggi. Bagaimana kalau kita mulai bercocok tanam sambil melatih anak2 untuk bertanggung jawab?

Pelaksanaan : Ayah dan Bunda menjadi PICnya. Kami semua bebas mengutarakan pendapat dan saling bekerjasama. Kegiatan mulai serius dilakukan hari ini 28 Maret 2017.

Kegiatan :
Keinginan untuk bercocok tanam sebetulnya sudah ada sejak lama. Namun kegiatan yang dilakukan tidak cukup serius. Beberapa kali mencoba menanam dalam pot,tidak ada yg berhasil.Kebanyakan dikarenakan rusak oleh Kayla..hehe..Ternyata Kayla masih belum mengerti untuk menjaga tanaman..Tantangan untuk kami untuk melatihnya bertanggung jawab.

Hari minggu kemarin, setelah pulang jogging,kami melihat tanaman disamping rumah sudah mulai tidak berbentuk karena angin kencang beberapa waktu lalu,dan rumput pun sudah mulai meninggi. Ayah memutuskan proyek yang dilakukan adalah bercocok tanam saja. Namun,hari itu pengerjaan proyek belum serius dilakukan,karena kami harus menyelesaikan proyek bebenah sepatu dulu. Dan kebetulan hari itu kami harus menghadiri undangan dari saudara dan kerabat dekat.

Karena waktunya sebentar,hal yang kami lakukan pertama hanya membersihkan dan merapikan tanaman disamping rumah. Ayah mencabut rumput. Dafina dan Kayla menggunting daun dan rumput. Bunda menyapu jalan sekitarnya.


Selanjutnya menyelesaikan proyek bebenah sepatu dan menghadiri undangan.

Esok harinya,senin 27 maret,kami pun tidak bisa melanjutkan kegiatan bercocok tanam,karena Dafina sekolah dan kami harus membawa Kayla berobat ke dokter. Proyek yang digagas ayah adalah membuat drum d.i.y.

Kelanjutan pengerjaan proyek ini baru bisa dilaksanakan hari ini,ketika Dafina libur sekolah. Ayah tidak ikut serta karena harus shift pagi. Beliau hanya memberikan masukan,bahwa kami tidak perlu membeli media tanam,kami bisa mengambil tanah disamping lapangan dekat pohon2 pisang untuk mengisi pot pot yang akan dibuat. Kemudian memindahkan pohon tomat dan cabe yang mulai tumbuh.

Kegiatan dilakukan setelah Dafina dan Kayla bangun. Kami pun memulai proyek dengan membuat pot pot d.i.y dari kaleng bekas biskuit dan botol bekas air mineral. Mengecat kaleng dan botol tersebut.

Kegiatan ini belum selesai, baru sampai tahap pembuatan pot. Kegiatan akan dilanjutkan esok hari,karena neneknya anak2 datang kerumah dan mengajak kami ke rumah uyutnya anak2 untuk berkumpul bersama saudara2 yang lain.

#Tantanganhari6
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar