Selasa, 28 Maret 2017

Family Project : Membuat alat musik drum D.I.Y

Our Family Project

Nama Project : Membuat alat musik drum D.I.Y

Gagasan : Saat pulang sekolah kakak bercerita bahwa hari ini dia bermain di sentra olah tubuh. Bernyanyi diiringi musik,salah satunya adalah drum. Bagaimana kalau kita membuat drum? Waktu kecil ayah pernah membuat drum..

Pelaksanaan : Ayah menjadi pimpro,Kami sebagai anggota.Hehe...Rencana dilakukan sore hari ini juga,setelah Dafina dan Kayla bangun tidur.

          Ini adalah proyek dadakan yang di gagas oleh Ayah. Jadi kami menggunakan media yang ada dirumah. Tidak mengada-ngadakan..Media yang digunakan adalah Kaleng bekas,sampul plastik buku bunda,kawat,karet gelang,tali rapia,palu,obeng,pisau,kawat,dan paku.

Awal pengerjaan proyek dilakukan hanya berdua,yaitu oleh Ayah dan Dafina. Saat itu Bunda dan ade Kayla belum bangun😁. Namun,karena mereka berisik..Kakak memukul kaleng dan bernyanyi nyanyian yang dia dapatkan dari sekolah,Bunda dan adik pun bangun dan ikut serta membuat drum. Ayah dan kakak sudah berhasil membuat 1 drum.

Kemudian,dilakukan pembuatan alat musik lainnya. Proyek dominan dilakukan oleh ayah. Dafina dan Kayla ikut membantu memipihkan tutup kaleng dengan palu. Bunda sedikit merapihkan kerjaan mereka.

Dafina dan Kayla menikmati sekali membuat bunyi2an dari semua alat2 dan benda yang ada disitu. Saat menjalani proyek,sempat terjadi konflik,karena mereka berebut pemukul.Saat itu baru ada 1 pemukul dari mainan musik degung milik Dafina.Kemudian Aq bilang ke Ayah,buat satu lagi yah,dari karet. Ayah pun langsung mencari media yang bisa dijadikan pemukul drum. Dia menemukan kuas cat air dan disulapnya kuas tersebut menjadi pemukul drum. Piufhh..konflik pun selesai..πŸ˜…

Setelah selesai,ayah sempat kecewa,karena hasilnya tidak sesuai dengan yang dia inginkan. Hal tersebut dikarenakan media yang dipakai tidak lengkap dan seadanya. Namun aq mengingatkan lagi bahwa dalam proyek ini yang terpenting adalah bagaimana prosesnya. Hasil yang bagus adalah bonusnya. Evaluasi dilakukan hanya oleh kita berdua. Untuk anak2 berikan apresiasi saja.

Proyek ini berlangsung satu hari. Mastermind dilakukan pada hari itu juga. Kegiatan yang Dafina dan Kayla suka adalah saat mencoba alat2 musik yang sudah dibuat,memukul2 semuanya sambil bernyanyi2..hehe..Kecerdasan yang diamati adalah kecerdasan intelektual,saat mereka memipihkan tutup kaleng,mencari media untuk mengikat plastik ke kaleng,membuat bunyi2an berirama,dll. Kecerdasan emosi saat menyelesaikan konflik,saat tidak bisa menyelesaikan pekerjaan,dll. Kami pun memberikan apresiasi atas usaha mereka.

#Tantanganhari5
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar